Berita Gosip Artis Terkini Di Indonesia – Kabar Duka Artis Senior Meike Wijaya Meninggal Dunia Selasa Malam Kemarin Akan Dimakamkan Hari Ini. Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktris senior Mieke Wijaya yang aktif sejak 1950-an mengembuskan napas terakhir pada Selasa (5/3/2022) di usia 82 tahun.

Jakarta pada Rabu (4/5/2022) siang. Putrinya langsung menemani Aktris senior tersebut, Nia Zulkarnaen dan keluarganya dari rumah duka di kawasan Cilandak Jakarta ke TPU Tanah Kusir.

Pantauan dari lokasi, jenazah Mieke Wijaya datang dengan ambulans bersama rombongan rombongan keluarga.

Kabar Duka Artis Senior Meike Wijaya Meninggal Dunia Selasa Malam Kemarin Akan Dimakamkan Hari Ini

Kabar Duka Artis Senior Meike Wijaya Meninggal Dunia Selasa Malam Kemarin Akan Dimakamkan Hari Ini

“Pesan turut berbela sungkawa. Innalillahi wainna ilaihi rojiiun. Telah berpulang dengan selamat kepada Rahmatullah, ibunda/oma/auyut tercinta Hj. Mieke Widjadja binti De Ryder umur 82 tahun. Pada hari Selasa tanggal 3 Mei 2022 19.30 WIB,” ini isi dari Kabar duka yang dikirimkan Putri Nia Zulkarnaen kepada awak media melalui pesan singkat.

“Tolong bukakan pintu pengampunan seluas-luasnya jika almarhum ada kekhilafan saat masih hidup. Semoga Almarhum Husnul Khatimah,” sambungnya dan menyimpulkan. Sebelum menignggal dunia, Mieke Wijaya rupanya melakukan perawatan di rumah sakit. Saat konfirmasi secara terpisah, Nia Zulkarnaen mengatakan ibunya telah menderita diabetes dan kanker.

Mieke meninggal setelah perawatan di rumah sakit selama 45 hari karena diabetes dan kanker. “Tadi malam kami mendengar kabar bahwa Bibi Mieke telah tiada,” kata aktor senior Rano Karno di Jakarta, Rabu (4 Mei).

Profil artis senior Meike Wijaya

Kabar Duka Artis Senior Meike Wijaya Meninggal Dunia Selasa Malam Kemarin Akan Dimakamkan Hari Ini

Mieke Wijaya lahir di Bandung pada 17 Maret 1939 Mieke menikah dengan Dicky Zulkarnaen pada tahun 1965 dan memiliki empat orang anak.

Suami : Dicky Zulkarnaen (almarhum)

anak : Tirza Valentina Zulkarnaen, Vanya Zulkarnaen, Ade Miskarana Zulkarnaen, Barman Morgana Zulkarnaen.

Mieke Wijaya merupakan salah satu aktris tanah air yang berkarir panjang di dunia perfilman Indonesia. Tercatat Mieke Wijaya telah membintangi puluhan film dan sinetron sepanjang hidupnya. Mieke Wijaya memulai karirnya pada tahun 1955 dengan membintangi sebuah film berjudul gagal.

Sejak saat itu, namanya mulai terkenal dengan membintangi berbagai judul film seperti: (1958) Sederet film dari Bing Slamet Si Koboi Menangis (1974), Badai Akan Berlalu (1977), Anak Jalanan Ali Topan (1977) hingga Gerhana bahkan melambungkan nama Mieke Wijaya.

Baca Juga : Musisi Indonesia Yang Berhasil Go International

Penghargaan : Sepanjang hidupnya ia telah mendapatkan beberapa penghargaan antara lain : 3 Piala Citra di Festival Film Indonesia, Aktris Terbaik untuk perannya dalam film Gadis Kerudung Putih dan Kembang Semusim, Piala Vidia 1994 melalui film Aku Mau Hidup.

Sementara itu, ia membintangi puluhan film semasa hidupnya, antara lain :  Tiga Dara (1956),  Perawan (1981), Roro Mendut (1983), Cinta di Balik Noda (1984), Taksi (1990). Lewat filmnya Cinta Di balik Noda dan Taksi, Mieke memenangkan Aktris Terbaik di Festival Film Indonesia pada tahun 1984 dan 1990.

Selain film, Mieke Wijaya juga sering membintangi beberapa judul sinetron Indonesia

– Losmen

– Rumah Masa Depan

– Buku Harian- Aku Mau Hidup

– Jangan Rebut Suamiku

– Hanya Ada Satu Cinta

– Rahasia Ilahi

– Kusebut Nama Mu

– Ratapan Anak Tiri

– Sayangi Aisyah

– Bunga Di Tepi Jalan

Mieke juga terkenal dengan akting antagonisnya di sejumlah film seperti Beranak Dalam Kubur. Namun, menurut Rano Karno, perempuan kelahiran 17 Maret 1939 ini adalah sosok yang berbeda di dunia nyata.

“Dia adalah orang yang baik. Jadi kalau Nia (Zulkarnaen) bilang dia tidak pernah marah, maka itu benar,” kata Rano.

Mieke adalah seorang aktris dengan karir yang buruk di industri film Indonesia. Dikutip dari berbagai sumber, wanita kelahiran Bandung ini telah membintangi puluhan film sejak pertengahan 1950-an.

Mieke Wijaya juga membintangi dua sinetron legendaris TVRI, yaitu Rumah Masa Depan (1984) dan Losmen (1986). Dari tahun 2000-an, Mieke Wijaya juga fokus membintangi berbagai sinetron. Mulai dengan “Kemilau Cinta Kamila” yang berlanjut dari tahun 2010 hingga 2011. Film terakhir Mieke Wijaya di dunia perfilman adalah Ayat-Ayat Cinta yang tayang pada tahun 2008.

Mieke dan Deddy Mizwar juga menerima Lifetime Achievement Award di Puncak Festival Film Bandung 2011. Gelar ini untuk kepada mereka sebagai pengakuan atas komitmen mereka terhadap industri film Indonesia.

Ucapan belasungkawa juga hadir dari artis lain. Selain Rano, bintang film Chicco Jerikho hingga Happy Salma menyampaikan belasungkawa kepada Nia Zulkarnaen.

Almarhum ibu akan mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Mbak Nia dan keluarganya akan mendapat kekuatan dan keikhlasan, kata Happy Salma dalam komentar akun Instagram Nia.

Permintaan Almarhum Dicky Zulkarnaen

Nia Zulkarnaen dan keluarga memakamkan Mieke Wijaya di Tanah Kusir karena permintaan mendiang ayahnya, Dicky Zulkarnaen. Oleh karena itu, pasangan tersebut akan kembali menyatu di satu liang kubur yang sama.

“Makamnya akan satu tempat dengan almarhum ayah. Ini permintaan almarhum ayah,” jelasnya.

 

 

Kategori: selebritis